Sabtu, 28 April 2012

dalam sekali ber telur

Dalam Sekali bertelur, Ayam Ketawa Betina produktip bisa menghasilakan rata-rata 11 sampai 13 telur. Tetapi daya tetas tinggi tidak terdapat pada telur pertama, yaitu pada telur keluaran satu sampai tiga.
Hal ini dikarenakan pembuahan belum sempurna. Jadi telur hanya numpang lewat karena merupakan bentuk sel telur pertama.
Baru pada telur keempat, dan seterusnya dipastikan telur terisi dengan embrio.
Saat telur kesatu sampai ketiga keluar, Kita ambil semua dan sisakan satu butir sebagai pancingan agar betina terus bisa bertelur.
Untuk menunjang masa kesuburan atau masa bertelur, induk agar lancar bertelur, harus ditujang dengan pakan.
Pakan yang digunakan adalah kacang ijo. Fungsi kacang ijo sendiri adalah untuk meningkatkan daya tetas dan bisa menghasilkan telur lebih banyak.
Trik untuk memperbanyak telur, juga ada pada ayam ketawa, caranya adalah setelah semua telur atau 13 telur keluar, kita ambil atau pindahkan semua dan sisakan satu bitir didalam sarang eramannya.

Maka dengan sendirinya ayam ketawa betina akan bertelur lagi, sedangkan yang kedua belas butir telur tadi, kita eramkan pada incubator, selang 3 hari, kita pindahkan lagi keinduk betina untuk dierami secara alami.
Hasilnya, semua telur diapstikan menetas lebih sempurna.
Ciri cirri anakan ayam ketawa yang bagus, sudah bisa terlihat dalam tempo 1,5 bulan anakan ayam jenis umum biasanya hanya bisa berkotek, namaun diumur yang sama, anak ayam ketawa sudah berkokok mirip dengan ayam ketawa dewasa dengan interpal atau nada pendek dan kecil.
Jadi kesannya lucu bila kita biasa mendengar kokok ayam ketawa dewasa dan membandingkannya dengan kokok anakan ayam ketawa ini.
Ciri khas ayam ketawa terbaik lainya, adalah bentuk jengger bagian belakang menempel dengan tempurung kepala.
Apa yang membedahkan suara koko ayam ketawa dengan ayam lainnya, yakni terletak pada pita suaranya.
Bila anda memegang lehernya dan meraba bagian pangkal leher, yaitu pita suara, maka bentuknya aneh, pita suara ayam ketawa ternyata terputus.
Tidak seperti pita suara ayam yang besar menyambung.
Maka tak heran bila saat berkokok ayam ketawa ini mengeluarkan kokok yang terpatah patah.
Sehingga suaranya mirip suara orang ketawa.



MENETASKAN TELUR AYAM KETAWA DENGAN MESIN PENETAS


Tujuan dari menetaskan telur ayam ketawa dengan mesin penetas telur gunanya adalah mengambil alih peran dari induk ayam ketawa, sehingga induk ayam ketawa waktunya tidak terpakai untuk mengerami dan membesarkan anakan, dari segi ekonomis menggunakan mesin tetas, sangat menguntungkan, karena waktu dan jumlah produksi telur lebih banyak, sedangkan bila indukan ayam ketawa menetaskan sendiri telurnya waktu yang dibutuhkan untuk menetaskan telur adalah 21 hari dan membesarkan anaknya kurang lebih butuh waktu 30 hari, sehingga waktu betelur kembali induk ayam ketawa adalah kurang lebih 51 hari, baru kemudian sang induk ayam ketawa akan bertelur kembali.


CARA MENETASKAN TELUR DENGAN MESIN PENETAS
1. Sebelum mesin penetas telur digunakan, sebaiknya di uji coba dulu dengan cara dihidupkan selama beberapa jam, agar dapat diketahui apakah mesin penetas telur tersebut bekerja pada suhu yang diinginkan (untuk telur ayam ketawa 37 derajat). Bila mesin tetas tersebut tidak bekerja pada suhu yang diinginkan, stel thermostat.
2. Bila mesin penetas telur sudah bekerja sesuai dg suhu yg diharapkan yaitu 37-39 derajat C lampu yang didalam mesin penetas telur mati dengan sendirinya atau kalau dibawah 37-39 derajat C lampu hidup kembali, bearti mesin tetas dapat digunakan.
3. Masukan telur dengan cara bagian yang runcing dibawah.
4. Setelah 3 hari telur didalam mesin tetas telur, telur mulai digerakan agar panas bisa merata pada telur.
5. Perhatikan tempratur didalam mesin tetas agar stabil di 37 - 39 derajat C. bila tidak stabil lakukan penyetelan thermostat dengan cara pringan hitamnya diputar.
6. Untuk ayam membuthkan waktu 21 hari, telur baru menetas.

Demikian uraian singkat, semoga dapat bermanfaat dan membandingkan bila mau memulai beternak ayam ketawa.
Untuk lebih jelas silakan silakan klik di mesin penetas telur


MACAM – MACAM OBAT UNTUK AYAM DAN KEGUNAANNYA BAGIAN 2
Pada Artikel macam – macam obat dan kegunaannya bagian 2, kami mencoba menyajikan tentang Vaksin pada ayam yaitu :
1. Medivac ND Hitchner B1
2. Medivac ND La Sota

MEDIVAC ND HITCHNER B1


Medivac ND Hitchner B1 Vaksin aktif bebrbetuk kering beku untuk mencegah penyakit Newcastle Disease (ND) Pada Unggas.
Komposisi :
Medivac ND Hitchner B1 Mengandung virus Newcastle disease strain Hitchner B1, Virus dikembangkan dalam telur SPF (Specific Pathogen Free) berembrio sehingga bebas dari pencemaran mikroorganisme pathogen.
Indikasi
Medivac ND Hitchner B1 digunakan pada vaksin pertama, yaitu pada unggas umur 7 hari, untuk mencegah penyakit ND.
Dosis dan aturan pemakaian.
Medivac ND Hitchner B1 Dapat diberikan 1 dosis setiap ekor ayam melalui tetes mata, tetes hidung, atau semprot.

Melalui Tetes Mata.
Larutkan Medivac ND Hitchner B1 dalam larutan dapar (pelarut) yang sesuai. (saat pembelian vaksin sdh diikut sertakan), kemudian dikocok sampai rata, usahakan jangan sampai berbuih, kemudian teteskan larutan vaksin pada mata satu tetes setiap satu ekor. Tunggu vaksin benar benar masuk kedalam mata (ayam akan mengejapkan mata berkali – kali) baru ayam dilepas.

Anjuran :
1. Jangan gunakan vaksin yang vialnya retak atau segelnya sdh rusak.
2. Hanya ayam sehat yang boleh di Vaksin, karena ayam sakit tidak dapat membentuk kekebalan tubuh dengan baik.
3. Selama vaksinasi, vaksin jangan kena vanas atau sinar matahari langsung
4. Vaksin segera digunakan setelah tutup segelnya sdh di buka, dan harus terpakai habis dalam 2 jam.
5. Cuci dan desinfeksi tangan dan peralatan setelah vaksinasi, vial bekas vaksin, dan sisa vaksin dibakar, di rebus atau direndam selama minimal 30 menit dalam larutan desinfektan sebelum di buang.

MEDIVAC ND LA SOTA

Vaksin tersebut cara penggunaan nya sama dengan Medivac ND Hitchner B1, hanya vaksin MEDIVAC ND LA SOTA dugunakan untuk ayam yang sdh berumur 1 bulan, sering kita sebut dengan vaksin lanjutan, dan sebaiknya ayam di vaksin kembali setelah 2 – 3 bulan.





MACAM – MACAM OBAT UNTUK AYAM DAN KEGUNAAN NYA BAGIAN 1
20:11 DNW No comments
Pada artikel macam-macam obat untuk unggas dan kegunaannya bagian 1, kami mencoba membahas dari kegunaan obat – obat untuk unggas khususnya ayam, dan kerena banyaknya obat-obatan untuk unggas maka artikel ini kami buat bersambung.

VITA TETRA CHLOR (antibiotic – vitamin – mineral)
Sering di sebut tetra chlor
Sepengetahuan kami tetra chlor ada 2 macam kemasan yaitu kemasan sachet yang berisi 10 kapsul dan kemasan botol yang berisi 50 kapsul.

Vita tetra chlor adalah kapsul yang mengandung 2 antibiotik berspektrum luas dan bekerja senerji dengan cara mengikat rebosom 30S dan 50S sehingga sintesis protein terhambat.
Vitamin B kompleks dibutuhkan untuk mengikat daya tahan tubuh terhadap penyakit, sedangkan mineral berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan elektrolit tubuh, kombinasi antibiotic, vitamin dan mineral akan mepercepat proses penyembuhan.

Sehingga tetrachlor dapat digunakan untuk ayam yang sedang sakit :
- Korisa (snot, pilek, muka bengkak)
- Kolera (berak hijau)
- Pullorum (berak kapur)
- CRD (ngorok)



Aturan pakai :
Ayam :
- Sampai umur 4 minggu : sehari 1 kali isi ½ kapsul
- Umur 4-8 minggu : sehari 2 kali isi ½ kapsul
- Lebih dari 8 minggu : sehari 2 kali isi 1 kapsul
Obat diberikan 4 atau 5 hari berturut – turut.


TRIMEZYN

Kemasan botol berisi 100 kaplet dan kemasan sachet berisi 50 kaplet.
Kegunaan trimezyn sama dengan tetrachlor, yaitu untuk mengibati penyakit :
- Korisa (snot, pilek, muka bengkak)
- Kolera (berak hijau)
- Pullorum (berak kapur)
- CRD (ngorok)
- Fowt typhoid ( mencret kuning)

Aturan pakai :
Ayam :
Ayam dewasa 1 kaplet perhari
Anak Ayam ½ kaplet perhari


087832901985

Jumat, 18 Juni 2010
MENGENAL JENIS KELAMIN ANAKAN AYAM KETAWA
13:44 DNW No comments
Sebenarnya ada aturan tidak tertulis bagi hobis pemula yang ingin membeli Ayam Ketawa umur anakan 1 sampai dengan 2 bulan, jarang dijual dengan alasan kesehatan ayam masih pasif.
Masih perlu divaksin, meski sudah divaksin itupun harus menunggu umur aman apalagi pengirman sampai luar pulau.
Vaksin yang diperlukan untuk anakan Ayam Ketawa adalah ND, Kumoro dan AI.

Anakan Ayam Ketawa yang berumur 1 sampai dengan 2 bulan, mungkin hampir sama dengan anakan ayam kampung cirinya, baik dari warna maupun ukuran, bentuk dan gerak geriknya, Ayam Ketawa seumuran ini masih belum mengeluarkan cirri khasnya sebagai Ayam Ketawa .
Karena suaranya masih berkotek seperti halnya anak ayam jenis kebanyakan.


Menginjak umur 3 bulan sampai 4 bulan terdengar kokok kecil dari Ayam Ketawa, warna anakan Ayam Ketawa pada umuran tersebut belum final, bisa saja berubah saat berganti bula pada umur 4 sampai 6 bulan kedepan.

Beda anakan Ayam Ketawa Betina dan Jantan, pada umur 1 sampai 2 bulan terlihat pada pertumbuhan Jengger, yaitu jantan lebih cepat tumbuhnya di banding jengger ayam betina,.

ASAL USUL AYAM KETAWA ATAU AYAM GAGA’
11:41 DNW 1 comment
Kawasan Sidrap (sidenreng Rappang) selama ini dikenal masyarakat sebagai lumbung padi Sulawesi selatan, namun sebenarnya daerah dengan tanah subur ini memiliki satu potensi unggulan di bidang perunggasan yang belum dibudidayakan secara maksimal.
Di daerah sidrap terdapat satu jenis ayam yang berbeda dengan ayam yang selama ini kita kenal, ayam tersebut memiliki ciri khas dari suara yang sangat unik kalau berkokok.
Secara pisik ayam tersebut hampir sama dengan ayam biasa, Kokok Ayam Sidrap, pada ujung suara kokok seperti orang ketawa, Jenis ketawanya bermacam-macam.
Didaerah asalnya ayam ini disebut Ayam Gaga’, tetapi karena suara kokoknya seperti orang ketawa, maka ayam ini di sebut Ayam Ketawa.

Ayam Ketawa sangat langkah karena dari sejarah nya dahulu yang memelihara ayam ketawa rata-rata Bangsawan, dan merupakan symbol status sosial sehingga masyarakat sangat jarang memeliharanya karena ada perasaan segan dan hormat pada Rajanya ,sehingga perkembangan Ayam ketawa Sangat terbatas.


Ayam Ketawa hanya dapat ditemukan di kampung Baranti, Panca Rijang, benteng, Simpo Arasi’e dan sekitarnya yang dipelihara dalam lingkungan keluarga, Ayam Ketawa atau Ayam Gaga’, hanya dapat dihasilkan dari perkawinan sejenis.

Dilihat dari warna baku Ayam Ketawa, Menurut M.Yusuf MD, dan Toko masyarakat lain, Ayam Ketawa yang digemari oleh masyarakat Bugis meliputi :

Bakka : Ayam Ketawa yang warna dasar Putih mengkilap dengan dihiasi warna dasar hitam, oranye, merah dan kaki hitam atau putih.

Lappung : Ayam Ketawa warna dasar bulu hitam dengan merah hati dengan merah hati, dan mata putih.

Ceppaga : Ayam Ketawa warna dasar hitam dengan dihiasi bulu hitam dan putih, ditambah betuk putih dibadan sampai pangkal leher dan kaki hitam.

Kooro : Ayam Ketawa Warna dasar hitam dengan dihiasi hijau atau putih dan kuning mengkilabdan kaki kuning atau hitam.

Ijo Buata : Ayam Ketawa warna dasar hijau dihiasi merah, diselingi warna hitam disayap, kaki warna kuning.

Bori Tase’ : Ayam ketawa warna dasar bulu merah dan dihiasi bintik bintik kuning keemasan.

Arti warna ayam ketawa dapat di baca disini


PAKAN ASLI AYAM KETAWA
21:47 DNW No comments
Pakan Ayam Ketawa sekarang ini sudah tidak sama dengan pakan asli Ayam ketawa, Yang digunakan Suku Buis, di Bugis sendiri banyak menggunakan Pakan gabah kering, namun dikota – kota besar mencari gabah sangat susah.

Mengapa ayam ketawa didaerah aslinya diberi makan gabah, Pemberian pakan gabah berfungsi untuk menghilangkan rasa gatalpada ayam ketawa itu sendiri.
Gabah juga berfungsi membersihkan lendir pada tenggorokan ayam ketawa, sehingga pemberian pakan gabah sama dengan mengkorok leher ayam ketawa.

Hasilnya suara ayam ketawa makin khas jadi mangkin panjang dan tinggi, pemberian pakan gabah sendiri ada caranya yaitu, gabah sebelum diberikan untuk pakan ayam ketawa direndam air dulu satu malam, pada saat direndam biasanya gabah yang kosong akan mengambang, gabah yang kosong tersebut dibuang. Besoknya setelah air ditiriskan gabah yang direndam semalam diberikan pakan untuk ayam ketawa tersebut.

Sedangkan pakan untuk ayam ketawa anakan, biasanya menggunakan dedak halus yang dicampur jagung halus (menir), atau dapat beli poor di toko toko yang menyediakan pakan untuk ayam.


Sedangkan untuk anak ayam ketawa yang umurnya diatas 2 bulan dapat menggunakan pakan yang dicampur, yaitu poor dengan beras merah dan beras putih.

Pakan untuk ayam ketawa, hampir sama dengan pakan ayam ayam biasa, seghingga memelihara ayam ketawa tidak memerlukan pakan yang khusus.


Sumber sebagian dari OGROBIS dan Pengalaman.
Posted in:







am ketawa betina sekali kawin akan menghasilkan kurang lebih 11 sampai 13 butir telur, tetapi daya tetas tinggi tidak terdapat pada telur pertama sampaitelur ketiga, hal ini karena pembuahan belum sempurna, jadi telur hanya menumpang lewat karena merupakan bentuk sel telur pertama, baru telur keempat dan seterusnya di pastikan telur, terisi dengan embrio.

Jadi saat telur ke satu sampai ke tiga keluar, kita ambil semua dan sisakan 1 butir telur sebagai pancingan agar betina terus bertelur.

Untuk menunjang masa kesuburan atau masa bertelur induk ayam ketawa, harus ditujang dengan pakan. Pakan yang digunakan selain poer diselingi dengan kacang hijau, fungsi kacang hijau sendiri adalah untuk meningkatkan daya tetas dan bisa menghasilkan telur lebih banyak dari ayam ketawa tersebut.


Sedangkan trik untuk memperbanyak telur ayam ketawa dapat dilakukan dengan cara setelah semua telur ayam ketawa keluar 13 butir, pindahkan semua telur dan sisakan satu butir, maka dengan sedirinya ayam ketawa betina akan bertelur lagi. Sedangkan 12 butir telur tadi kita eramkan pada incubator.

Ciri –ciri anakan yang bagus pada anakan ayam ketawa sendiri sudah bisa terlihat pada umur 1,5 bulan, pada umur tersebut anakan ayam ketawa, sudah mulai belajar kerkokok, suaranya hampir mirip dengan kokok ayam ketawa dewasa, namun dengan interval nada pendek dan kecil, jadi kesannya lucu bila dibandingkan dengan kokok ayam ketawa dewasa.

Ciri ayam ketawa baik yang lainnya, selain sudah bisa didengar kemampuan berkokok saat umur 1,5 bulan, adalah bentuk jengger bagian belakang menempel dengan tempurung kepala, sedangkan yang membedahkan ayam ketawa dengan ayam lainnya yaitu terletak pada pita suara, pita suara ayam ketawa terputus – putus, pita tersebulah yang membuat ayam ketawa saat berkokok seperti orang ketawa..

1 komentar:

  1. LuckyClub | The Casino Site That Beats The Internet
    Welcome to Lucky Club, the online place to learn the ropes of online gambling and enjoy over 3000 slots and video poker games. Join now and luckyclub.live have a

    BalasHapus